Sabtu, 17 Desember 2011

Ternyata, Pergi ke Luar Negeri itu gampang dan murah!

Ga percaya??? ….

Saya berbagi pengalaman nih. Alhamdulillah, Januari Tahun 2011, Pemerintah RI benar-benar menghapus bea Fiskal untuk WNI yang hendak bepergian ke LN. Yang jumlahnya lumayan besar banget buat saya, yaitu Rp. 2.5 juta.

Bea Fiskal udah di hapus, langkah selanjutnya, bikin PASPOR. Ok, searching di internet, ternyata bisa online dan biayanya juga gak begitu mahal. Tapi, ternyata saat itu yang bisa on line belum semua wilayah Jakarta, untuk Jakarta Timur waktu itu belum bisa daftar on line.

Saya datang ke kantor Imigrasi Jakarta Timur, yang sebelahan sama Rutan Cipinang. Beli formulir, klo ga salah Rp. 5000. Siapin berkas-berkas , untuk kemudian diserahkan dan di cek di loket tertentu, terus di kasih no antri untuk datang 1 minggu lagi, untuk foto dan wawancara.

Total biaya untuk bikin paspor Rp. 270.000, waktu k.l 3 minggu. Saran saya, kalau waktunya tidak mepet mending buat sendiri, ga perlu pake’ calo. Gampang kok! Yang penting waktu mo’ nyerahin dokument+waktu photo, datang pagi banget yaaa…. Antri’ bu ….. .

PASPOR udah beres, tinggal searching di internet cari tiket pesawat yang murah. Banyak kok, asal pesennya untuk jauh-jauh bulan ya. Apa lagi klo pas maskapainya sedang kluarin promo.

OK. Tiket pesawat udah di tangan, untuk yang harga murah ya. Sekarang, akomodasi, apakah nginap di hotel atau di rumah kerabat. Untuk Hotel, lagi-lagi banyak juga yang jual murah di internet. Banyak sekali voucher hotel bertebaran di internet tiap harinya. Insya Allah, gak nipu kok. Cek aja dari komen-komen orang yang udah pernah menggunakan jasa mereka.

Tips dari saya : klo’ memang kunjungan singkat (mis. 1 hari), lebih baik numpang nginap di rumah kerabat, tapi kalao niatnya untuk wisata, mending nginap di hotel, tinggal sesuaikan dengan budget yang ada.

Nanti saya ceritakan perjalanan saya ke Singapur-Malaysia-Tanjung Pinang-Batam hanya perlu kurang dari 2 juta untuk total2nya ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar