Jumat, 19 Maret 2010

mantu pertama

Bukan, bukan saya yang mau mantu, tapi teman saya...... . masak sih? masih muda udah mo' mantu? ..... Beneran, yang mau mantu itu teman perjalanan haji saya. Alhamdulillah, waktu perjalanan haji th 2007, saya jadi tambah banyak dapat teman-teman yang sepuh, dan menjelang sepuh ..... he..he..he...., jadi saya sama suami udah seperti anak-anak bagi mereka. Dan alhamdulillahnya lagi, silaturahim nya masih terus berjalan sampai saat ini, terutama pengajian ibu-ibunya. Jadi , kami masih saling berinteraksi, terutama saya yaa..... .

Nah, kebetulan, tadi siang saya ada kesempatan datang ke pengajian menjelang pernikahan anak Ibu N** . Kucluk... kucluk, datanglah saya ke rumah Ibu tsb, karena saya lihat di ruang tamu banyak tamu yang tak saya kenal (ternyata di kemudian waktu saya tahu, beliau2 semua adalah anggota majlis ta'lim Ibu2 komplek perumahan Ibu N**), so... jadi saya langsung deh masuk lewat pintu samping. Begitu duduk, loh... loh ... kok ibu2 itu (selain teman2 pengajian haji yang juga hadir) pada senyum yak sama saya?? apa pasal?? ..... GR dong, he...he...he... , mungkin pangling kale' ya, ada ibu2 muda cantik (hwekk..... mujidiri.com) gabung ikut baca rawi. Eh, tapi kok, lama2 ada yang aneh senyumnya yaa....... Ternyata, hwaaa..... saya dituduh secara sembunyi oleh ibu2 itu calon mantu Ibu N** . Makasih bu .... he..he.. (sorry my dear husband ;) ) .

Terus terang ini pertama kali saya ikut rawi'an ala ibu-ibu majlis ta'lim yang sepuh & menjelang sepuh ini. Pas ditengah tengah acara, tiba-tiba ada beberapa ibu-ibu sibuk membagikan rabana (untuk kosidahan tau kan? ), waduh... kok kayak gini yak, yaa... saya kan ga' bisa maen rabana..... (hi hi..., GR banget yak mo' disuruh maen...:)). Jadi, sebelom calon manten jalan sekeliling pengajian mohon doa & restu, di nyanyiin sholawat dulu sama ibu-ibu, nah nyanyi' nya pake' robana deh. Seru juga! ada , sangking semangatnya ibu-ibu menjelang sepuh itu nepuk robana, ada yang ga' sadar udah mau joget (tarian ala timur tengah itu) .... mo' ketawa gimana, lah ini kan lagi do'a.... Ini tradisi atau apa yaa?? Terus terang saya baru pertama kali ikut acara ini.

Abis itu calon manten keliling minta restu, terus sungkem orang tua, trus denger ceramah pranikah deh dari ustdazahnya. 15 menit menjelang Ashar, sepertinya acara blom kelar juga, diam-diam saya keluar sambil pura-pura terima telp dari HP menuju mesjid yang memang tidak jauh dari rumah ibu N**. Alhamdulillah bisa menunggu panggilanNya di mesjid. Labbaik, aku penuhi panggilan Mu untuk shalat yaa Rabb. Slesai jamaah ashar, balik lagi dong saya ke rumah Ibu N**, woalahh.. acara masih berlangsung. Nah, ini yang sudah menjadi sesuatu yang biasa, di masyarakat kita dan saya sebelomnya, ada panggilan Allah (adzan) , seakan-akan kita bilang "...tunggu ya Allah, kita lagi pengajian, tanggung nih...." , atau dilain kesempatan "... tunggu ya , saya lagi meeting nih sama calon klien, tunggu yaa, nanggung nih tinggal bentara...." Astaghfirullah, Allah kita suruh nunggu?? emang siape kite?? siape Allah?? Moga kelak kita semua dijauhkan dari hal-hal demikian, apapun alasannya ketika Panggilan sang Pemilik Jiwa Raga ini datang, layaknya seorang hamba sahaya, segera kita tunaikan kewajiban kita sebagai HambaNya, syukur-syukur Allah tidak menuggu kita datang padaNya, tapi kitalah yang menunggu-nunggu panggilanNya (bersiaplah seblom azan, kita duduk berzikir).

Yap, episode ini hanyalah sebagian kecil dari fragmen-fragmen kehidupan kita, semoga Allah sentiasa membimbing kita untuk berubah ke arah yang lebih baik lagi, amiin.

Suatu saat nih (jiahh..... mengahayal) , klo saya mau mantu, saya suruh ibu-ibu berzikir sama-sama di masjid sambil nunggu waktu sholat, trus abis sholat, minta di do'akan langsung kepada Allah, moga acara pas mantu nanti berlangsung lancar. It's very simple toh??!

Btw, selamat untuk calon manten, smoga kelak menjadi keluarga sakinah mawaddah warrahmah, amiin....

nb:
Ada hikmah dalam tulisan ini?? alhamdulillah itu semata bimbingan Allah. Tulisan ini biasa saja?? yaa... iyalah... umul gitu loh .... cuma seorang fakir tanpa ilmu, mohon di maafkan ..... :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar